Selasa, 07 Mei 2013

Olahraga yang Populer di Jepang


Olahraga yang Populer di Jepang
Jika ada yang menanyakan kepada orang Jepang, "Olahraga apa yang paling populer dikalangan orang Jepang?". Mungkin Anda akan menebak bahwa orang Jepang akan menjawab sumo. Teapi jawaban mereka bukanlah sumo seperti perkiraan Anda melainkan sepak bola dan baseball. Pertandingan sumo yang ditayangkan langsung setiap hari selama masa kompetisi memang dinikmati oleh kebanyakan orang Jepang, tetapi baseball lebih tenar dibandingkan sumo.

Olahraga Baseball

Baseball atau yang dalam bahasa Jepangnya lebih dikenal dengan yakyuu sudah mulai digemari oleh seluruh kalangan masyarakat Jepang sebelum Perang Dunia II. Pertandingan baseball nasional tingkat SLTA yang diselenggarakan setiap tahun merupakan salah satu acara yang paling dinanti selama musim panas di Jepang. Pertandingan diikuti oleh 49 tim, setiap perfektur mengirimkan satu tim terbaiknya (kecuali Tokyo dan Hokaido mengirimkan 2 tim). Tim-tim unggulan tersebut merupakan hasil saringan tim-tim sekolah yang ada di perfektur yang bersangkutan. Menjadi pemainbaseball profesonal merupakan salah satu cita-cita anak-anak Jepang. Terlebih lagi setalah ada pemain Jepang yang bermain untuk liga-liga besar Amerika seperti Matsui Hideki dan Ichiro.

Tidak sama dengan baseball yang sudah mendapat tempat dihati orang Jepang sejhak puluhan tahun lalu, sepak bola baru mulai mendapat perhatian masyarakat Jepang pada tahun 1993 sejak dibentuknya Liga Pro sepak bola Jepang atau lebih dikenal dengan J-League. Terlebih lagi setalah Jepang mengikuti World Cup (Piala Dunia) untuk pertama kalinya pada tahun 1998. Sampai-sampai ada yang rela membeli mobil karena hadiahnya adalah tiket untuk menonton pertandingan sepak bola. Demam sepak bola dikalangan masyarakat Jepang makin meluas saat berlangsungnya Piala Dunia 2002 yang dilaksanakan di Jepang dan Korea. Pemain sepak bola Jepang seperti halnya pemain baseball juga aktif dalam kacah persepakbolaan dunia seperti Nakata Hidetoshi danNakamura Shunsuke. Ada lagi Inamoto Junichi, pesepak bola muda berbakat yang menjadi pemain sensasional saat Piala Dunia 2002 tesebut.

Aksi pesepakbola Jepang di Piala Dunia 2002

Selain sepak bola dan baseball yang merupakan olahraga modern, beberapa olahraga beladiri tradisional Jepang juga masih populer dikalangan masyarakat. Turnamen sumoyang disiarkan di televisi, termasuk tontonan yang ditunggu-tunggu. Kendojudokarate, dan aikido juga merupakan olahraga tradisioal favorit yang ditekuni anak-anak muda Jepang melalui perkumpulan di sekolah ataupun di tempat-tempat latihan yang disebutdoujyou. Salah satu pejudo Jepang Hideko yang meraih medali emas di pertandingan judo Olimpiade Barcelona dan Tani Ryoko yang mendapat dua medali emas diOlimpiade Sidney dan Athena.  

 
Olahraga Sumo

 
Saat pesumo berlatih di doujyou

Tidak ada komentar:

Posting Komentar